Kegiatan Kelas Ibu Hamil di Desa Tapen Bersama Tenaga Kesehatan UPTD Puskesmas Tapen

UPTD Puskesmas Tapen, 15 Oktober 2024 | Kehamilan merupakan suatu mata rantai yang berkesinambungan yang dimulai dari adanya ovulasi sampai tumbuh kembangnya hasil konsepsi di dalam uterus. Kehamilan merupakan proses alamiah, tetapi harus dilakukan asuhan yang tepat agar ibu dan janin dalam keadaan sehat. Salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan ibu selama hamil melalui Kelas Ibu Hamil.

Kegiatan kelas ibu hamil merupakan sarana untuk belajar kelompok tentang kesehatan bagi ibu hamil yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir melalui praktik dan menggunakan buku KIA.

Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran.

Kegiatan ini terdiri dari diskusi dan pemaparan materi tentang :

  1. Perubahan tubuh selama hamil
  2. Keluhan selama hamil
  3. Gizi ibu hamil
  4. Tanda bahaya kehamilan
  5. Program P4K
  6. Senam hamil

Pelaksanaan kegiatan kelas ibu hamil kali ini bertempat di Ponkesdes Tapen, dengan Petugas Kesehatan yang bertugas adalah Bidan Desa Tapen Sriwigati Nurul,A.Md.Keb, Bidan Koordinator UPTD Puskesmas Tapen, PJ Promosi Kesehatan, Kader Kesehatan,dan Ibu Hamil beserta pendamping. Kegiatan ini dimulai pada Pukul 08.30 s/d selesai. 

Pertemuan pertama diisi dengan materi tentang kehamilan, perubahan tubuh saat hamil, persiapan persalinan, dan pengetahuan gizi. Setelah pemaparan materi, dilakukan diskusi tanya jawab dengan peserta. Namun, Anda juga bisa bertukar ilmu atau sharing dengan ibu hamil lain yang menjadi peserta kelas tersebut sehingga kegiatan ini sekaligus dapat dijadikan sebagai ajang sosialisasi bagi ibu hamil.

Manfaat yang diharapkan dari kegiatan kelas ibu hamil antara lain bertambahnya pengetahuan dan ketrampilan ibu tentang perawatan selama kehamilan sampai dengan perawatan bayi.

 

Share Berita Ini