Kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) UPTD Puskesmas Tapen


UPTD puskesmas Tapen | 06 Agustus 2024 - Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit yang saat ini menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Penderita PTM di UPTD Puskesmas Tapen terutama penyakit DM dan Hipertensi dari waktu ke waktu semakin bertambah. Oleh sebab itu salah satu upaya UPTD Puskesmas Tapen untuk meningkatkan kualitas hidup para penderita PTM agar lebih optimal yaitu dengan mengadakan kegiatan  Prolanis.

APA ITU PROLANIS ?

PROLANIS merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegratif yang melibatkan peserta, Fasilitas Kesehatan, dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien (BPJS Kesehatan, 2014).

TUJUAN DIADAKAN PROLANIS ?

Tujuan utama PROLANIS adalah untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis agar mencapai kualitas hidup yang optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama memliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM tipe II dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga mencegah timbulnya komplikasi penyakit (BPJS Kesehatan, 2014).

SIAPA SAJA SASARAN PROLANIS ?

Sasaran dari Pronalis sendiri merupakan seluruh peserta BPJS penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus tipe II dan Hipertensi). Dengan penanggung jawab program ini adalah Kantor Cabang BPJS Kesehatan bagian Manajemen Pelayanan Primer (BPJS Kesehatan, 2014).

AKTIVITAS APA SAJA YANG DILAKSANAKAN PADA KEGIATAN PROLANIS ?

Kegiatan ini meliputi penyuluhan  serta pemeriksaan kesehatan/ Konsultasi medis, home visit, pada penderita penyakit kronis, pemantauan status kesehatan,  dan senam (Senam jantung sehat, Senam bugar lansia, senam osteoporosis dan senam aerobic low impact).( BPJS,2014)

Pemeriksaan laboratorium rutin setiap 6 Bulan pada peserta prolanis, yaitu  :

Hipertensi Lab yang diperiksa :  Profil Lemak (Kolesterol Total, HDL, LDL), Trigliserida, dan Fungsi Ginjal (Ureum, BUN, Kreatinin).

Diabetes Lab yang diperiksaProfil Lemak (Kolesterol Total, HDL, LDL), Trigliserida, dan Fungsi Ginjal (Ureum, BUN, Kreatinin) dan HbA1C.

KAPAN DILAKSANAKAN KEGIATAN PROLANIS?

Program Prolanis dilaksanakan dalam kurun waktu satu bulan sekali oleh UPTD Puskesmas Tapen. Pada tanggal 06 Agustus 2024 telah dilaksanakan kegiatan prolanis di wilayah kerja Desa Tapen. Kegiatan ini diampu oleh Ibu Farilla Norana Setiawati,A.Md.Kep sebagai PJ Program Prolanis, sekaligus merupakan perawat UPTD Puskesmas Tapen. Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan hipertensi serta pemeriksaan laboratorium rutin setiap 6 bulan oleh laboratorium Safari Bondowoso. Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan selanjutnya peserta prolanis dapat berkonsultasi kepada dr. Putri Endah wulandari selaku dokter umum yang juga menjabat sebagai Kepala UPTD Puskesmas Tapen.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Prolanis UPTD Puskesmas Tapen ini dapat membantu mengontrol penyakit Hipertensi dan diabetes melitus.

 

Share Berita Ini