Orientasi Kelas Ibu Hamil bagi Tenaga Kesehatan Puskesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso

UPTD Puskesmas Tapen, 28 Agustus 2024 | Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso melalui Seksi Kesga Gizi menyelenggarakan Orientasi Kelas Ibu Hamil bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas.

Orientasi kelas ibu hamil adalah program edukasi gizi dan kesehatan berbasis masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan mengubah perilaku ibu dalam mendukung program penanggulangan stunting di Indonesia. Orientasi kelas ibu hamil dapat dilakukan dengan pendekatan media KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi).

Kelas ibu hamil adalah sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok. Para ibu belajar tentang kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular, dan akte kelahiran. Mereka akan diskusi dan tukar pengalaman tentang kesehatan ibu dan bayi secara menyeluruh dan sistematis.

Kelas ibu hamil dapat diikuti minimal 4 kali agar kehamilan sehat dan anak terhindar dari stunting. Masing-masing pertemuan akan membicarakan hal yang berbeda-beda selama kurang lebih 2 jam. Sasaran peserta kelas ibu hamil sebaiknya ibu hamil pada umur kehamilan 4 sampai 36 minggu karena pada umur kehamilan ini kondisi ibu sudah kuat. Jumlah peserta kelas ibu hamil maksimal 10 orang setiap kelas, jika diperlukan suami/ keluarga diikut sertakan.

Pelatihan yang berlangsung di Gedung IBI Bondowoso diikuti oleh tenaga kesehatan Puskesmas yang meliputi Bidan Koordinator dan Ahli Gizi. Turut hadir perwakilan dari UPTD Puskesmas Tapen Ibu Siti Rahmawati,S.Tr.Keb sebagai Bidan Koordinator, dan Shely Melia Agustin,S.Tr.Gz Sebagai Ahli Gizi. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka upaya penurunan angka kematian ibu di Kabupaten Bondowoso. Selain pemberian materi, pada orientasi ini para peserta juga diberikan praktek langsung ke lapangan. Dengan adanya resfresh pengetahuan ini diharapkan Nakes dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan ke lapangan.

Share Berita Ini