Pelakasanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Tapen

UPTD Puskesmas Tapen, 12 September 2024 | Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) adalah program imunisasi lanjutan yang diselenggarakan rutin oleh Kementerian Kesehatan setiap tahunnya. Program ini ditujukan untuk anak-anak usia sekolah dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI). 

Hari Kamis,12 September 2024 Kegiatan BIAS dilaksanakan di SDN Gununganyar 01 oleh Petugas Kesehatan Desa yaitu Perawat dan Bidan. Kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah kerja UPTD Puskesmas Tapen. Imunisasi yang diberikan adalah jenis Vaksin MR (Campak dan Rubella) untuk siswa-siswi kelas 1 SD dan vaksin HPV (Human Papillomavirus) untuk siswi putri kelas 5 dan kelas 6 SD. 

Kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan cakupan imunisasi karena Imunisasi adalah hak setiap anak yang merupakan salah satu cara paling efektif untuk melindungi anak-anak dari berbagai penyakit menular yang berbahaya. Vaksin membantu sistem kekebalan tubuh anak-anak untuk mengenali dan melawan penyakit sebelum mereka jatuh sakit. Dengan imunisasi yang lengkap, kita dapat mencegah penyebaran penyakit di komunitas kita dan memastikan anak-anak tumbuh sehat dan kuat.

Sebelum dilaksanakan kegiatan BIAS, petugas wilayah menyiapkan pelaporan data sasaran peserta dari sekolah kepada Puskesmas setempat untuk penyiapan logistik vaksin dan vaksinator. Maka dari itu, diperlukan dukungan dari seluruh mitra pembangunan terhadap strategi dan upaya dalam mengedukasi orang tua atau wali peserta didik tentang keamanan vaksin dan pentingnya anak mendapatkan imunisasi rutin lengkap perlu dilanjutkan.

Kegiatan pelaksanaan BIAS di sekolah berjalan dengan baik dan lancar. Dengan semangat dari siswa - siswi tersebut dan tentunya dukungan dari orang tua walimurid sangat membantu kelancaran pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah. Karena memang sudah memiliki kesadaran sepenuhnya bahwasanya kesehatan itu sangat mahal lebih baik mencegah daripada mengobati.

Share Berita Ini