Pelatihan Kader Posyandu Di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Tapen

UPTD PUSKESMAS TAPEN | 06 Agustus 2024 - Pada hari ini telah dilaksanakan Pelatihan Kader Posyandu Desa Kalitapen oleh UPTD Puskesmas Tapen. Pelatihan Kader Posyandu merupakan kegiatan dalam rangka mempersiapkan kader kesehatan agar mau dan mampu berperan serta dalam mengembangkan program kesehatan di desa/kelurahnya. Selain itu tujuan dari pelatihan ini diharapkan Kader mampu dalam meningkatkan pengetahuan/ kapasitas kader dalam mengembangkan kesehatan di wilayahnya. 

Kader posyandu adalah anggota masyarakat yang bersedia, mampu dan memiliki waktu untuk menyelenggarakan kegiatan posyandu. Kader posyandu juga merupakan penggerak pembangunan khususnya di bidang kesehatan. Pelatihan Kader Posyandu dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader tentang kegiatan promotif preventif di Posyandu Balita. Dimana posyandu merupakan bentuk peran serta masyarakat di bidang kesehatan yang dikelola oleh kader dengan sasaran seluruh anggota masyarakat dan berharap setelah pelatihan ini kader posyandu bisa lebih memahami terkait kinerja atau tupoksi sebagai kader posyandu dan lebih kompak lagi antar kader.

Pelatihan Kader posyandu dihadiri oleh penanggungjawab promosi kesehatan Siti Subaidah, S.KM, penanggungjawab gizi Shely Melia Agustin,S.Tr.Keb, Bidan wilayah Desa Kalitapen Yulia Kusuma N,A.Md.Keb, Perawat wilayah  Desa Kalitapen Kristiyan Adi Putra,A.Md.Kep. serta seluruh kader posyandu Desa Kalitapen.

Adapun materi yang disampaikan oleh narasumber pada pelatihan ini adalah meliputi :

  • Cara pengisian buku register posyandu
  • Cara pengukuran berat dan tinggi badan bayi dan balita yang benar
  • Cara pengukuran LILA pada ibu Hamil 
  • Cara pengisian buku KIA.

Dengan adanya pelatihan kader Posyandu ini di harapkan seluruh kader posyandu mampu mempraktikkan / mengembangkan pengetahuannya pada saat pelaksanaan kegiatan di posyandu.

Share Berita Ini