Pembinaan Kader Posyandu Menuju Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) di Desa Gununganyar UPTD Puskesmas Tapen

Bondowoso, 31 Juli 2024


ILP (Integrasi Layanan Primer) merupakan transformasi bidang kesehatan yang digagas Kementerian Kesehatan. Pada era ILP, layanan kesehatan dilakukan berdasarkan siklus hidup, akses layanan kesehatan didekatkan ke masyarakat, dan dilakukan Pemantauan Wilayah Setempat (PWS).

Salah satu perubahan layanan kesehatan yang terjadi pada era ILP adalah layanan Posyandu. Jika pada saat ini Posyandu diperuntukan untuk ibu hamil, ibu nifas, bayi, dan balita, di era ILP Posyandu akan melayani seluruh kelompok umur (klaster siklus hidup) mulai dari ibu hami, ibu nifas, bayi, balita, remaja dan anak usia pra dan sekolah, usia produktif, sampai lansia. Kader Posyandu juga akan melakukan kunjungan rumah agar mendapat gambaran status kesehatan secara utuh di wilayahnya. Sehingga dibutuhkan keterampilan kader yang memadai, oleh karenanya dilaksanakan kegiatan hari ini yaitu Refreshing Kader Posyandu yang dilaksanakan di Aula UPTD Puskesmas Tapen dan Pembinaan kader posyandu menuju Posyandi ILP di Desa Gununganyar.

Kegiatan Pertama yaitu refreshing kader posyandu dilaksanakan di aula UPTD Puskesmas Tapen yang disampaikan oleh petugas gizi UPTD Puskesmas Tapen, Shely melia Agustin, S.Tr.Keb dan petugas promosi kesehatan Siti Subaidah, S.KM.  Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk mengevaluasi pengetahuan dan keterampilan kader serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam melaksanakan kegiatan posyandu di wilayah kerja masing-masing. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh kader posyandu dari 9 Desa di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Tapen.

Kegiatan yang kedua adalah pembinaan kader Posyandu ILP di Desa Gununganyar Dusun Kokebun. Dihadiri oleh dr.Arief Sudibyo selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Bondowoso yang didampingi oleh Bapak nur Ali Mas'ud, ST,M.Ph selaku Sub Kor Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Bondowoso. Turut Serta pada kegiatan ini Kepala UPTD Puskesmas Tapen, dr.Putri Endah Wulandari, etugas gizi UPTD Puskesmas Tapen, Shely melia Agustin, S.Tr.Keb, petugas promosi kesehatan Siti Subaidah, S.KM. , Bidan Desa Ida Novia Rini, A.Md.Keb , Perawat Desa Dwi Fitri Yuni, S.Kep.Ns dan kader posyandu Desa Gununganyar.

Diharapkan dengan adanya kegiatan hari ini dapat meningkatkan mutu pelayanan khususnya pelayanan Posyandu di wilayah kerja UPTD Puskesmas Tapen.

 

Share Berita Ini