Pra Penilaian BLUD Puskesmas , Tim UPTD Puskesmas Tapen Mengikuti Pendampingan Dokumen Administrasi BLUD di Ballroom Hotel Ijen View

UPTD Puskesmas Tapen , 20 Agustus 2024 - Pada hari ini Tim BLUD UPTD Puskesmas Tapen mengikuti Pendampingan Pra Penilaian Dokumen Administrasi BLUD Puskesmas di Ballroom Hotel Ijen View. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari hingga Jumat, 23 Agustus 2024. Kegiatan ini diikuti oleh Tim BLUD Seluruh Puskesmas dan Labkesda di Kabupaten Bondowoso.

Pendampingan hari pertama dimulai dengan penilaian dokumen Renstra, pada hari kedua dokumen SPM dan LK, hari ketiga Dokumen Tata Kelola, dan hari terakhir presentasi seluruh Dokumen oleh Kepala UPTD Puskesmas Tapen.

Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) adalah sistem yang diterapkan oleh unit atau satuan kerja perangkat daerah untuk memberikan layanan kepada masyarakat dengan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan. Sistem ini memberikan pengecualian dari aturan pengelolaan keuangan daerah yang berlaku umum, memungkinkan unit kerja untuk menerapkan praktik-praktik bisnis yang lebih efisien dan responsif dalam melayani masyarakat.

BLUD Puskesmas adalah Badan Layanan Umum Daerah yang diterapkan oleh Puskesmas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. BLUD Puskesmas memiliki fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan, yang berbeda dengan ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya. BLUD Puskesmas diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dengan menerapkan praktik bisnis yang sehat.

Tujuan utama BLUD Puskesmas adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. BLUD Puskesmas menyediakan barang dan jasa layanan umum, mengelola wilayah atau kawasan tertentu, dan mengelola dana khusus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. BLUD Puskesmas juga didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas, tanpa mengutamakan mencari keuntungan.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso dr. Slamet Santoso. Setelah mengikuti Pendampingan Pra Penialain Dokumen Administratif BLUD, selanjutnya akan dilaksanakan Penilaian oleh tim penilai BLUD. Harapan kedepannya Puskesmas Tapen dapat berproses dengan baik di BLUD. 

Share Berita Ini