Tenaga Kesehatan UPTD Puskesmas Tapen Melakukan Inspeksi Sanitasi dan Personal Hygiene Penjamah Makanan di Rumah Makan Julekah

UPTD Puskesmas Tapen, 18 September 2024 | UPTD Puskesmas Tapen melalui pemegang program Kesehatan Lingkungan rutin melakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan di Tempat Pengolahan Makanan (TPM). Warung makan atau rumah makan merupakan tempat pengolahan makanan yang memproduksi dan menjual berbagai jenis makanan dan minuman bagi masyarakat. Hal ini sejalan dengan pergeseran pola hidup dari kebiasaan makan di rumah menjadi makan di rumah makan.

Sebagai konsekuensi dari perkembangan rumah makan diperlukan upaya penyehatan makanan dan minuman untuk menjamin bahwa tidak terjadi masalah kesehatan masyarakat terkait usaha rumah makan/restoran. Salah satu upaya penyehatan makanan dan minuman yang dilakukan adalah pengawasan hygiene sanitasi makanan.

Untuk itu UPTD Puskesmas Tapen melakukan pengawasan hygiene sanitasi makanan terhadap rumah makan atau warung yang menjual makanan di wilayah kerja puskesmas. Pengawasan di dalamnya termasuk IKL (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) atau Inspeksi Sanitasi Tempat Pengelolah Makanan. Inspeksi Sanitasi dan Personal hyegiene penjamah makanan kali ini dilaksanakan di Julekah Resto, yang berlokasi di wilayah kerja UPTD Puskesmas Tapen, Desa Gununganyar Kecamatan Tapen. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tenaga pj kesehatan lingkungan UPTD Puskesmas Tapen Bimantoro, S.T dan Nurina Vidya Utami,S.KM.

Inspeksi ini merupakan bagian dari upaya menjaga kualitas makanan yang diolah sesuai dengan hygiene sanitasi yang memenuhi syarat kesehatan dan mendapatkan makanan dan minuman yang berkualitas meliputi indikator tertentu seperti lokasi & bangunan, fasilitas sanitasi, dapur, ruang makan, gudang makanan, bahan makanan, makanan jadi, pengelolaan makanan, tempat penyimpanan makanan, penyajian, peralatan, tenaga kerja, pakaian kerja, dan pemerikasaan kesehatan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan inspeksi sanitasi pangan ini diharapkan produsen mampu menjaga kualitas pangan yang dihasilkan agar tidak terjadi kasus penyakit atau gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh makanan. Dan dengan kegiatan yang rutin dilaksanakan tersebut diharapkan sebagai langkah melindungi keamanan pangan khususnya di wilayah Kecamatan Tapen.

Share Berita Ini