Tim SBH UPTD Puskesmas Tapen Berhasil Meraih Juara II Lomba PPGD dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Pembina Saka Bakti Usaha

UPTD Puskesmas Tapen, 28 September 2024 | Siapa yang tidak tau pramuka. Pramuka, kependekan dari Praja Muda Karana yang berarti rakyat muda yang senang bekerja/berkarya. Di dalam Gerakan Pramuka Indonesia terdapat beberapa Satuan Karya Pramuka (Saka) yang berlaku secara Nasional yang merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Saka Bakti Husada” atau disingkat SBH merupakan satu dari saka lainya yang ada di Gerakan Pramuka Indonesia.

Saka Bakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

Saka Bakti Husada bertujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya.

Pada hari ini Sabtu ,28 September 2024 Tim SBH UPTD Puskesmas Tapen mengikuti Kegiatan peningkatan kapasitas Pembina Saka Bakti Husada bertempat di Lapangan desa Gebang Kecamatan Tenggarang. Kegiatan ini diikuti oleh 25 Puskesmas Se Kabupaten Bondowoso. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali Pembina dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam pemberdayaan masyarakat. Berbagai pihak terlibat dalam kegiatan ini yang menjadi sebuah Tim SBH UPTD Puskesmas Tapen, pembina saka, tim medis, dan tim PPGD.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB tersebut, dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso selaku Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada cabang Bondowoso, Agus Winarno, SE., M.Si. "Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini kemampuan pembina terus dapat ditingkatkan sehingga dapat diketuk tularkan kepada anggota SBH binaan di ranting masing-masing".Kegiatan tersebut dikemas dalam beberapa lomba yaitu lomba PPGD, lomba krida dan lomba Teknik Kepramukaan.Dalam kesempatan ini Tim SBH UPTD Puskesmas Tapen berhasil membawa meraih juara II Lomba PPGD.

 

Share Berita Ini